Cara Membuat E-mail Cantik Full Dengan Nama Anda Sendiri

Anda yang sudah mengenal e-mail yahoo tidak asing lagi dengan alamat e-mail namaanda@yahoo.co.id atau expray@yahoo.co.id dan e-mail dengan domain @gmail.com @hotmail.com dan banyak lagi. Bagaimana jika e-mail anda seperti ini nama@anda.co.cc atau expray@elektroz.co.cc terkesan lebih profesional dan tidak murahaan walau gratisan, anda tertarik ?! Lanjutkan bacanya !!!

» KETERANGAN

Untuk membuat e-mail cantik dengan full domain nama anda sendiri seperti nama@anda.co.cc atau expray@elektroz.co.cc tanpa embel-embel @yahoo.co.id atau @gmail.com dan sebagainya full e-mail dengan nama anda, syarat-syaratnya sebagai berikut:
  1. Anda harus punya dulu alamat e-mail yahoo atau gmail
  2. Siapkan tanda pengenal seperti KTP dan semisal
  3. Nomor telepon atau hand phone
Setelah semua siap mari kita lakukan pendaftaran di co.cc yaitu mendaftar domain dulu klik disini.
  • Setelah halaman co.cc terbuka langkah pertama anda cari "Buat account baru sekarang" kira-kira disebelah kiri atas, jika tulisan berbahasa inggris untuk mempermudah ganti bahasa ke bahasa indonesia pilih dalam kotak disebelah kanan tulisan "Change Language" pilih Indonesia. Setelah itu klik "Buat account baru sekarang"
  • Langkah ke dua, dalam halaman ini kita diwajibkan melakukan pendaftaran dengan memasukan data diri anda dengan benar seperti contoh dibawah ini:

    Nama Penguna (Email) / Masukan sebuah password

    Nama Depan : Ex
    Nama Belakang :Pray
    Alamat email : expray@yahoo.co.id
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Tanggal lahir : 17 September 1990
    Masukkan sebuah password : 123abc
    Panjangnya minimal 6 karakter.
    Ketik ulang sandi: 123abc
    Verifikasi Kata ketikkan ulang karakter yang Anda lihat pada gambar disebelah kiri.

    Account Information

    Nama organisasi : Elektro Mail
    Alamat Jalan : Jln.Makam Selawe No.24
    Kota : Cilacap
    Propinsi : Jawa Tengah
    Kode Pos : 53262
    Negara/Kawasan : Indonesia
    Language : Indonesia
    Telepon : 08190331****
    Faks (opsional) : jika tidak ada kosongkan saja
    Messenger : kosongkan
    URL Homepage : jika tidak ada kosongkan saja

    Setelah semua anda isi dengan benar, selanjutnya lihat ke sebelah bawah beri centang pada kotak kecil disebelah kanan "Saya menerima persyaratan dan layanan" selanjutnya klik tombol "Buat account baru sekarang" jika anda tidak salah dalam memasukan data-data anda akan lanjut ke halaman berikut, jika data-data anda ada yang salah anda harus melengkapi kesalahan tersebut dan ulangi langkah ke dua.
  • Sekarang anda sudah selesai melakukan pendaftaran. Langkah ke tiga dalam halaman ini anda disuruh untuk memilih nama domain, yang harus anda lakukan klik "Pilih nama domain >>" kira kira di sebelah tengah pilih salah satu.
  • Langkah ke empat disini anda disuruh mengetikan nama domain yang anda inginkan untuk diperiksa ketersediaan. Masukan dalam kolom nama belakang anda misalkan sebagai contoh saya ketik "elektro" (hurup kecil semua tanpa tanda kutip) selanjutnya klik tombol "Periksa ketersediaan" tunggu dan lihat hasilnya, apabila dalam hasil misalkan tersedia www.elektro.co.cc tersediasatu tahun pendaftaran sebesar $234 berarti domain yang anda masukan tersedia tapi tidak gratis harus bayar seharga $234 satu tahun sekali rutin. Solusinya anda ulangi cek domain hingga menghasilkan domain $0 atau garatis, untuk mengulangi klik "Pilih nama domain" disebelah atas atau klik pada browser anda tanda panah kearah kiri, masukan domain yang anda inginkan dengan nama yang berbeda, jika ingin gratis anda selipkan angka atau huruf z diakhir domain anda. misalkan saya masukan "elektroz" (hurup kecil semua tanpa tanda kutip) lalu klik lagi tombol "Periksa ketersediaan" tunggu dan lihat hasilnya, apabila dalam hasil misalkan tersedia www.elektroz.co.cctersedia satu tahun pendaftaran sebesar $0 berarti domain yang anda masukan tersedia dan gratis langsung saja klik tombol "Lanjut ke pendaftaran"
  • Dalam halaman berikutnya yaitu langkah ke lima saya ucapkan selamat anda telah mendapatkan domain anda dan ada tulisan "Your new domain has been succesfully registered" langsung saja anda klik tombol "Setup"
  • Langkah ke enam dalam halaman ini anda disuruh untuk memulai melakukan pengaturan pada domain baru anda, untuk memulai klik "Please domain setup now" kira-kira disebelah tengah.
  • Langkah ke tujuh, dalam halaman ini kita harus mengatur domain baru kita untuk menghubungkan domain yang kita buat ke hosting punya google atau google apps, tapi kita belum bisa mengatur domain kita, untuk sementara kita tinggalkan dulu langkah ketujuh ini, tapi biarkan halaman ini tetap terbuka jangan ditutup !!!
    Untuk selanjutnya kita harus melakukan pendaftaran di google apps, untuk memulai registrasi di google klik disini.
  • Langkah awal untuk di google, bila dalam page ini dalam bahasa inggris seperti biasa untuk memudahkan anda ubah bahasa ke bahasa indonesia pilih dalam kotak disebelah kanan tulisan "Change Language" pilih Bahasa Indonesia. Setelah bahasa berubah jadi bahasa indonesia pilih tombol "Lihat detail dan daftar" kira-kira disebelah kiri atas dibawah "Ubah Bahasa: Bahasa Indonesia"
  • Langkah ke dua anda pilih atau cari tulisan Bukan untuk bisnis? Edisi Standar Jelajah klik "Edisi Standar Jelajah" kira kira disebelah kiri atas dibawah tombol "Mulai Uji Coba Gratis" tapi jangan klik tombol tersebut itu gratis satu tahun pertama !!! yang harus anda klik "Edisi Standar Jelajah"
  • Langkah ketiga klik tombol "Memulai" kira-kira sebelah kiri atas.
  • Langkah ke empat pada halaman ini anda disuruh untuk memasukan nama domain yang anda punya yaitu yang telah anda buat sebelumnya di co.cc, masukan nama domain dikotak sebelah bawah, tapi sebelumnya anda tentukan dulu pilihan disebelah atas kotak, pilih tandai atau klik tombol opsi (lingkaran kecil) disebelah kiri tulisan "Administator: Saya memiliki atau mengontrol domain ini" setelah bertanda anda masukan domain yang telah anda buat di co.cc, masukan domain dengan lengkap tanpa www jadi anda masukan misalkan elektroz.co.cc selanjutnya klik tombol "Persiapan"
  • Langkah ke lima, dalam halaman ini anda diwajibkan melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri anda dengan benar, sebagai contoh lihat dibawah ini:

    Mendaftar Untuk Edisi Standar Google Apps

    Nama Depan * Ex
    Nama Belakang *Pray
    Alamat email * expray@yahoo.co.id
    Telepon * 08190331****
    Negara/Kawasan * Indonesia
    Jabatan Pekerjaan: Admin
    Beri tanda check disebelah kiri tulisan * Saya memahami bahwa jika saya tidak dapat mengubah data DNS bagi domain saya, saya mungkin memengaruhi kemampuan organisasi saya untuk menggunakan Google Apps.

    Informasi Organisasi

    Nama organisasi: Elektro Mail
    Jenis: Personal
    Ukuran Organisasi: 1-5
    Apakah organisasi Anda saat ini menyediakan account email?
    Pilih "Tidak"
    Jika demikian, untuk apakah organisasi Anda menggunakan email?
    Tulis "Informasi"
    Sudahkah tim penjualan kami membantu Anda memutuskan untuk mendaftar ke Google Apps?
    Pilih "Tidak"
    Setelah semua tersisi dengan benar klik tombol "Lanjut"
  • Langkah ke enam, dalam halaman ini anda disuruh untuk memasukan atau membuat accunt administrator dan akun administrator ini juga merupakan alamat e-mail anda, isikan seperti contoh dibawah ini:

    Account administrator Anda

    Nama pengguna*expray
    Sandi* 123abc
    Masukan kembali sandi* 123abc
    Verfikasi kata isi sesuai gambar diatasnya.

    Keterangan: Nama pengguna isi sesuai nama depan nama anda karena nantinya nama pengguna tersebut menjadi nama awal alamat e-mail anda, jika anda mengisikan expray berarti nantinya alamat e-mail anda expray@elektroz.co.cc jika anda mengisikan nama lengkap misalkan expraybadboys nantinya jadi expraybadboys@elektroz.co.cc, sangat buruk nama e-mail anda dibuatnya. Setelah anda mengisi semua dengan benar, klik tombol "Saya setuju. lanjutkan ke konvigurasi" di sebelah bawah.
  • Langkah ke tujuh, dalam halaman ini anda bisa mengatur mengelola e-mail anda, tapi sebelumnya anda harus melekukan verfikasi kepemilikan domain yang bertujuan menegaskan anda benar-benar menginginkan domain, juga menegaskan bahwa anda pemilik syah domain anda, jika anda tidak melakukan verfikasi kepemilikan domain, dalam waktu 5 hari domain anda yang didaftarkan di google apps akan dihapus. Cara verfikasi kepemilikan domain, anda klik "Verfikasi kepemilikan domain"
  • Langkah ke delapan, dihalaman ini anda disuruh untuk memilih metode verfikasi kepemilikan domain, klik "Pilih metode verfikasi" pilih "Ubah CNAME record Anda" setelah itu akan muncul seperti berikut:


    1. Sign in ke layanan hosting domain Anda dan lokasi halaman manajemen DNS. Lokasi bervariasi berdasarkan layanan, tetap secara tipikal dapat ditemukan di bawah Manajemen Domain atau Pengaturan Tingkat Lanjut.
    2. Gunakan string unik berikut untuk membuat data CNAME baru bagi domain elektroz.co.cc:
      googleffffffff88190115
    3. Arahkan data CNAME ke:
      google.com
    4. Setelah melakukan perubahan, Anda dapat memverifikasi data yang ada dengan melakukan pencarian CNAME untukhttp://googleffffffff88190115.elektroz.co.cc . Anda dapat menemukan beberapa situs Web untuk melakukan pencarian CNAME otomatis dengan mencarinya di http://www.google.com

    Selanjutnya anda copy string unik googleffffffff88190115 (string ini berbeda-beda ini untuk contoh saja, jangan klik tombol verfikasi sebelum anda menyelesaikan langkah selanjutnya), selanjutnya anda buka lagi halaman co.cc yaitu halaman pada langkah ke tujuh sebelumnya. Kita tinggalkan dulu halaman google apps dan biarkan terbuka.
  • Melanjutkan langkah ketujuh pada co.cc, pada halaman ini anda pilih klik pilihan no 2.Zone Record, isikan seperti contoh dibawah ini:

    Host : googleffffffff88190115
    TTL : biarkan seadanya
    Type : CNAME
    Value : google.com

    Keterangan: pada isian kolom Host: ini diisi dengan string unik yang diberikan dari google apps tadi, walau anda mengisikan string saja setelah anda mengklik kolom selanjutnya secara otomatis diujung string tersebut ada domain elektroz.co.cc
    Setelah anda mengisi dengan benar klik tombol "Setup". Setelah pengaturan berhasil disimpan, kita kembali lagi ke halaman google apps pada langkah ke delapan.
  • Melanjutkan langkah ke delapan pada google apps, setelah anda berhasil menyimpan pengaturan di co.cc sekarang anda klik tombol "Verfikasi" setelah anda melakukan verfikasi anda akan disuruh menunggu waktu 48 jam sampai selesai. tapi beberapa menit juga sudah verfikasi, sambil menunggu proses verfikasi kita aktifkan e-mail nya.
  • Langkah ke sembilan, pada langkah ini kita akan mengaktifkan e-mail agar bisa mengirim dan menerima e-mail, jika anda tidak mengaktifkannya anda hanya bisa membuka e-mail tapi belum bisa mengirim ataupun menerima e-mail. Untuk mengaktifkan e-mail klik "Aktifkan email"
  • Langkah ke sepuluh, pada halaman ini kita disuruh untuk Mengubah record Mail Exchange (MX) pada penyedia domain anda yaitu co.cc dengan pengaturan sebagai berikut:


    Alamat Server MX

    ASPMX.L.GOOGLE.COM.
    ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
    ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
    ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM.
    ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM.
    ASPMX4.GOOGLEMAIL.COM.
    ASPMX5.GOOGLEMAIL.COM.
    Prioritas

    10
    20
    20
    30
    30
    30
    30

    Untuk memasukan pengaturan ini kita kembali lagi ke co.cc (jangan klik tombol "Saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut" sebelum anda memasukan pengaturan diatas di co.cc)
  • Langkah selanjutnya, kita kembali lagi ke halaman co.cc langkah delapan. masukan pengaturan secara berurutan seperti contoh dibawah ini:

    Host : biarkan kosong
    TTL : biarkan
    Type : MX Priority : 10
    Value : ASPMX.L.GOOGLE.COM.

    Keterangan: pada isian kolom Host: biarkan kosong karena nantinya akan terisi dengan sendirinya. Setelah anda memasukan pengaturan diatas klik tombol "Setup". Ulangi langkah diatas dengan memasukan pengaturan berurutan sampai semua pengturan selesai disimpan. Setelah anda menyelesaikan semua atau ke tujuh Alamat Server MX dan Prioritasnya, anda kembali lagi ke halaman google apps langkah kesepuluh.
  • Melanjutkan langkah ke sepuluh di halaman google apps, klik tombol "Saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut"
    Sampai disini anda sudah selesai melakukan pengaturan dan sudah bisa mengirim dan menerima e-mail dengan alamat e-mail domain nama anda sendiri dalam contoh kali ini yaitu expray@elektroz.co.cc, mungkin anda ada sebuah pertanyaan dimana saya bisa mengakses e-mail saya ??? Anda bisa login atau mengakses e-mail anda di alamat ini http://mail.google.com/a/domainanda.co.cc atau http://mail.google.com/a/elektroz.co.cc atau anda juga bisa mempermudah alamat untuk mengakses e-mail anda misalkan http://mail.domainanda.co.cc atau mail.elektroz.co.cc caranya:


    • Klik "Email" >> Klik "Ubah URL" >> Pilih atau tandai http://mail.elektroz.co.cc/ (kustom) >> Klik tombol "Lanjut"
    • Buka halaman co.cc kembali pada langkah delapan, masukan pengaturan seperti contoh dibawah ini:

      Host : mail
      TTL : biarkan
      Type : CNAME
      Value : ghs.google.com

      Selanjutnya klik setup, anda kembali pada halaman google apps klik tombol "Saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut". sekarang anda sudah bisa mengakses e-mail anda di alamat ini http://mail.domainanda.co.cc atau mail.elektroz.co.cc

Author : Prayit

Blog sederhana ini hanya untuk tempat berbagi,. Maaf buat yang merasa terganggu dengan adanya blog ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar yang menyertakan link aktif, sara, spam, iklan, akan di masukkan ke folder SPAM.