Cara Mudah Edit Template Bagi Newbie Ala Mz Prayit

Cara Mudah Edit Template Bagi Newbie Ala Mz Prayit adalah pilihan terbaik bagi para sahabat blogger yang baru mengenal kode-kode HTML. Karena cara yang akan saya share adalah cara saya sendiri dalam memahami tata letak kode template saya, jikapun sudah ada yang membuat postingan seperti saya ini itu saya tidak meniru atau asal copy paste. Ini adalah asli pemikiran saya, jika merasa bermanfaat silahkan baca sampai selesai postingan saya.

Pada dasarnya sebuah template hanyalah susunan kode Html dengan segala trik pengaturannya yang di sebut CSS (mungkin sih, hheee), karena tanpa di dampingi kode CSS maka temlate blog tidak akan jadi atau error. Adapun kode-kode pendukung atau mungkin memang di haruskan yaitu seperti kode Javascript atau masih banyak lagi (saya juga belum paham :p).

Jadi cara saya ini hanya memanfaatkan fitur yang sudah ada saja pada laptop saya,, hahaa... saya pake tombol di keyboard saya yang bertuliskan F12 [Scr Lk]. Menurut saya cara ini juga bisa kita gunakan untuk menduplikasikan template orang lain di template kita. Dan berikut Cara Mudah Edit Template Bagi Newbie Ala Mz Prayit, silahkan di simak.

1. Masuklah ke akun blogger sobat,

2 Klik Template_Edit HTML, setelah terbuka kode-kodenya silahkan sobat buka blog sobat di tab baru dan tekan tombol F12 pada baris teratas di keyboard sobat. Sebagai contoh saya gunakan blog saya ini. 

Cara Mudah Edit Template Bagi Newbie Ala Mz Prayit

* Gambar diatas setelah blog terbuka lalu tekan F12, kotak sebelah kiri adalah bagian Elements dan bagian kana kode CSS-nya.

3. Misalkan saya mau mengedit header yang tadinya memakai background berwarna biru dan saya ganti dengan hijau maka caranya seerti berikut;

Cara Mudah Edit Template Bagi Newbie Ala Mz Prayit

* Jika mau mengedit bagian header (yang di block warna biru pada gambar di atas) maka kita cari kodenya di bagian Elements, setelah itu kode CSS-nya akan muncul di bagian Style pada kotak sebelah kanan, lalu kita saya klik kotak kecil yang berwarna biru dan kode HTML dari warna biru tersebut. Maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Cara Mudah Edit Template Bagi Newbie Ala Mz Prayit

* Terlihatkan headernya berganti dalam sekejap menjadi warna hijau, namun itu tidak akan berubah selamanya jika sobat tidak merubahnya pada HTML template sobat, makanya kita membuka dua tab yaitu untuk mempermudah pencarian kode yang harus di rubah di dalam template kita.

4. Cari kode #header-wrapper dalam template sobat lalu cari kode backgroundnya, contoh di template saya kodenya #0000CC (biru) dan saya ganti #066D0E (hijau tua). Setelah itu simpan templatenya dan selesai. Perubahan sadah berhasil di template sobat.

Untuk kode yang lainnya silahkan sobat coba sendiri, caranya sama dengan yang saya jelaskan di atas. Jika bingung silahkan bertanya pada form komentar di bawah.

Admin Prayit

Author : Prayit

Blog sederhana ini hanya untuk tempat berbagi,. Maaf buat yang merasa terganggu dengan adanya blog ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
8 May 2014 at 13:47 delete

Pertamax sdah di beli,, silahkan beli yang bersubsidi z

Reply
avatar
8 May 2014 at 19:37 delete

artikel ini membuatku lebih paham bagaimana cara edit template.....
keep happy blogging always, salam dari Makassar :-)

Reply
avatar
8 May 2014 at 21:47 delete

Iya mas silahkan di pake tipsnya,

Terimaksih dah mampir di blognnya orang cilacap. salam juga ^_^

Reply
avatar
Anonymous
10 July 2014 at 09:05 delete

Terimakasih mz Pray,, jadi lebih mudah nih dalam mengedit template blog saya.

Reply
avatar

Komentar yang menyertakan link aktif, sara, spam, iklan, akan di masukkan ke folder SPAM.